Kereta, Transportasi Andalan Masyarakat Indonesia di Masa Depan

Dear PT. KAI

Terima kasih telah menyediakan jasa kereta komuter bagiku seorang mahasiswa dari kota Solo yang merantau ke kota Jogja untuk menimba ilmu dan memperkaya pengalaman hidup. Sudah hampir empat tahun aku selalu menikmati layanan kereta komuter yang dikenal dengan kereta Prambanan Ekspres (Prameks). Kereta Prameks menghubungkan antara kota Jogja dan kota Solo. Aku jatuh hati dengan Prameks karena transportasi massal ini mempercepat langkahku untuk melepas rindu kepada keluargaku yang ada di kota Solo. Dengan adanya kereta Prameks aku hanya butuh waktu satu jam untuk tiba di kampung halaman. Kalau pulang ke Solo menggunakan sepeda motor aku harus menghabiskan waktu dua jam di jalanan beradu dengan truk dan bis jarak jauh. Kereta Prameks menjadi alat transportasi andalanku selama ini. Aku berangkat dari Stasiun Lempuyangan dan turun di stasiun Purwosari.

Empat tahun bersama  Prameks, aku tahu betul bagaimana perjuangan PT. KAI memenuhi komitmennya untuk terus meningkatkan pelayanan jasa kereta api demi kepuasan pelanggan. Tahun 2013 dimana menjadi tahun awalku mengenal kereta Prameks. Di tahun itu ada tiga kereta komuter yang menghubungkan antara kota Jogja, Klaten dan Solo. Tiga kereta itu ada kereta Prameks dengan kereta berwarna kuning dilengkapi kipas angin dan tempat duduk seperti angkot, kereta Sriwedari dilengkapi dengan AC dan tempat duduk empuk seperti kereta bisnis serta kereta Madiun-Jaya (Manja) yang dilengkapi AC dan kursi seperti bisnis tapi kurang empuk. Beda fasilitas juga pasti beda harga padahal jarak yang ditempuh sama yaitu hanya Jogja-Solo.

prameks

Kereta Prameks : 2jogja.com

sriwedari

Kereta Sriwedari : http://www.railpictures.net/

manja

Kereta Madiun Jaya : http://jateng.tribunnews.com

Di tahun 2013 hingga 2015 harga tiket kerete komuter Jogja-Solo bagaiman roller coaster, naik turun bikin deg-degan. Aku pernah merasakan betapa leganya saat harga tiket kereta hanya 6.000 rupiah, tapi bahagian itu hanya sementara karena tiba-tiba harga tiket naik menjadi 20.000 rupiah. Lalu turun lagi menjadi 15.000 rupiah hingga 10.000 rupiah. Baru bernafas lega, harga tiket kembali naik menjadi 12.000 rupiah. Saat itu PT. KAI hobi banget membuatku dan penumpang lainnya mengelus-elus dompet. Entah bagaimana PT.KAI menghitung harga tiket tersebut. Dengan kereta dan fasilitas yang sama harganya bisa berubah-ubah secepat itu. Saat harga turun dompetku riang gembira, tapi saat harga melonjak aku hanya bisa merasakan isi dompetku menjerit kecewa. Selain harga yang bikin kaget, tiket kereta hanya dilayani tiga jam sebelum keberangkatan. Bayangkan saja aku dan penumpang lainnya harus antre dengan sistem siapa cepat dia dapat. Kalau tidak dapat harus menunggu kereta beriktunya yang jaraknya bisa berjam – jam.

Kereta Prameks jaman dulu memang penuh cerita yang bikin deg-degan. Tiga tahun silam kereta Prameks seringkali datang terlambat tanpa adanya solusi dari pihak PT. KAI.  Ada dua kisah yang sangat membekas di memoriku. Aku lupa tahun berapa dan kapan itu terjadi, tapi aku ingat betul kejadiannya seperti apa. Saat itu aku pulang ke Solo dari Lempuyangan mengambil kereta terakhir yaitu jam delapan lebih. Tiba di stasiun setengah delapan dan motorku sudah aku titipkan ke penitipan motor di seberang stasiun. Badan lelah setelah seharian kuliah, tapi tidak mengapa karena sebentar lagi aku akan sampai rumah bertemu keluargaku. Saat seharusnya jam keberangkatan kereta, tiba-tiba terdengar pemberitahuan bahwa kerete Prameks mengalami keterlambatan karena suatu hal dan akan tiba di stasium Lempuyangan jam sembila. Oke, kesabaran masih ada. Saat jam sembilan, suara itu terdengar lagi dan memberitahukan kalau kereta terlambat dan akan tiba jam sepuluh. Saat jam sepuluh begitu lagi hingga kereta tiba di stasiun jam dua belas malam. Antara marah, kecewa tapi tak bisa pula nasibku dan penumpang lainnya saat itu dibiarkan saja tanpa adanya pengembalian uang.

Di kala itu, kereta prameks tidak hanya hobi terlambat, tapi juga hobi berhenti lama sekali di stasiun kecil seperti stasiun Ceper, Delanggu atau Sewon. Waktu itu aku pulang dengan kereta Prameks mengambil jadwal jam lima dengan harapan maghrib sudah sampai Solo. Ternyata saat sampai di stasiun Ceper kereta berhenti sekitar satu jam lebih tanpa ada pemberitahuan dan permintaan maaf dari PT. KAI. Saat itu aku santai karena memang hanya bisa pasrah. Namun, banyak penumpang lain yang kemudian emosi. Seorang mahasiswa yang duduk di sampingku menelfon dosennya sambil terus meminta maaf karena kereta berhenti lama dan sepertinya dia ada janjian konsultasi. Entah apa yang terjadi dengan penumpang tersebut. Selain mahasiwa tersebut, ada seorang bapak yang berbadan kekar sangat emosi hingga beliau turun dari kereta dan memukul petugas yang ada di stasiun itu. Pengalaman ini sungguh tidak akan pernah aku lupakan.

Itulah beberapa cerita penuh emosi saat menggunakan jasa kereta api komuter. Pengalaman pahit itu sekarang hanya tinggal kenangan saja karena PT. KAI sudah memperbaiki semuanya. PT. KAI sekarang ini memahami permintaan kami para penumpang kereta Prameks. Tahun ini semua kereta komuter Jogja-Solo bernama kereta Prameks, tidak ada lagi yang namanya kereta Sriwedari ataupun Manja. Semua kereta adalah kereta Prameks walaupun menggunakan armada kereta Sriwedari dan Madiun Jaya. Kabar yang lebih membahagiakan adalah harga tiket Prameks sekarang hanya 8.000 rupiah saja dan tiket bisa dipesan H-7 keberangkatan. Sungguh besar komitmen PT. KAI dalam membahagiakan kami para penumpang Prameks. Tingginya permintaan akan jasa kereta Prameks juga membuat PT. KAI menambah jam operasional kereta Prameks menjadi 26 kali perjalanan tanpa keterlambatan dan pemberhentian yang keterlaluan seperti dulu.

Selama menggunakan jasa kereta komuter Jogja-Solo, aku merasa lebih nyaman dan aman dalam menikmati perjalanan Jogja-Solo maupun Solo-Jogja. Aku bisa berangkat jam berapa saja mau pagi, siang sore atau malam pasti ada kereta Prameks yang siap mengantarkanku ke kota perantauan atau ke kampung halaman. Dengan menggunakan kereta Prameks aku bisa terhindar dari macet dan bertemu banyak penumpang lainnya. Seringkali aku bisa ngobrol dengan penumpang lainnya berbagi cerita dalam satu jam perjalanan kami. Kadang kami bertemu kembali kadang hanya pertemuan singkat saja. Kereta Prameks menjadi alat transportasi andalanku dan penumpang lainnya yang memutuskan untuk nglaju setiap hari pulang pergi Jogja-Solo, jadi mereka tidak perlu menyewa kamar kos ata kontrakan di kota perantauan. Nikmat betul menjadi penumpang kereta Prameks.

Di ulang tahun PT.KAI yang ke-72 tahun ini, aku sangat berharap kenyamanan dan keamanan kereta komuter seperti Prameks ini bisa dirasakan oleh saudaraku di pulau lain. Aku sempat mencari informasi ternyata kereta komuter seperti Prameks hanya tersedia di Pulau Jawa saja, padahal kehadiran kereta komuter sangat bermanfaat bagi masyarakat. Contohnya adalah dengan menggunakan kereta masyakarat bisa turut serta mengurangi kemacetan di jalan raya, masyarakat bisa menghemat waktu perjalanan dan perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman. Semoga di masa depan PT. KAI juga bisa memanjakan saudaraku di daerah dan di Pulau selain Jawa dengan fasilitas terbaik dari kereta komuter. Dengan adanya kereta komuter yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia mobilitas masyarakat di kota pinggiran yang ingin mengais rejeki atau menimba ilmu di kota besar terdekat lebih cepat sepertiku yang asli kota Solo merantau ke kota Jogja. Harapanku kereta komuter yang berkualitas disertai dengan layanan yang maksimal akan menjadi transportasi massal andalan masyarakat Indonesia.

Selamat ulang tahun PT. KAI semoga harapanku dan harapan masyarakat Indonesia untuk menikmati layanan jasa kereta api bisa terpenuhi.

 

Advertisements

Pahlawan

“Pahlawan tidak memilih untuk melakukan yang mudah atau sulit.

Mereka hanya memilih melakukan sesuatu untuk kebaikan.”

 

Indonesia menjadi saksi bisu perjuangan pahlawan kusuma bangsa. Mereka dengan gagah berani mempertaruhkan nyawa demi terwujudnya Indonesia merdeka. Pahlawan bangsa rela menjalani pahitnya kehidupan demi merebut tanah air dari tangan penjajah. Bambu runcing, belati, dan senjata lain yang serba sederhana menjadi senjata andalan untuk mengusir penjajah dari tanah Indonesia. Taktik dan strategi perang mereka susun untuk memenangkan pertempuran.  Pengorbanan dalam membela kebenaran menjadi bara api yang selalu memperbesar kobaran keberanian dalam jiwa mereka. Tak peduli dengan nyawa yang siap melayang kapan pun dan di mana pun, mereka tetap melangkah pasti menghadapi lawan yang ada di depan mata.  Setiap langkah kaki akan mendekatkan mereka pada impian yang selalu mereka dambakan yaitu negara dan rakyat yang merdeka. Merekalah para pahlawan kusuma bangsa yang telah banyak berkorban demi kenyamanan hidup kita di masa sekarang.

Begitulah kiranya gambaran perjuangan pahlawan di era penjajahan. Jiwa nasionalisme dan patriotisme hendaknya melekat pada jiwa bangsa saat ini. Akan tetapi, kenyataan yang kita lihat saat ini malah sebaliknya. Sifat individual dan hedonisme sedang meraja lela di kehidupan masyarakat era sekarang – jaman modern. Kecanggihan teknologi, akses informasi yang cepat, mudah dan murah membuat kita terlena dan melupakan perjuangan besar yang telah pahlawan kita lakukan. Kita saat ini lebih mendewakan teknologi dari pada menyibukkan diri untuk meng-upgrade diri untuk melanjutkan estafet perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita. Perjuangan kita memang tidak seperti mereka yang harus bertempur di medan perang. Perjuangan kita adalah bagaimana cara mempertahankan negara ini untuk senantiasa mandiri dan tumbuh menjadi negara yang besar.

Lantas seperti apakah orang yang bisa disebut sebagai pahlawan pada era ini? Bukankah kita selalu didoktrin bahwa pahlawan adalah mereka yang gugur di medan perang? Perbedaan jaman pasti akan melahirkan perbedaan penafsiran makna. Sekarang ini perlu kita telaah kembali apa makna pahlawan yang sesuai dengan jaman sekarang. Jika pahlawan di jaman dulu identik dengan senjata, perang dan kematian makan di jaman sekarang dengan kondisi berbeda makna pahlawan tersebut sudah tidak relevan lagi. Menurut beberapa pengertian pahlawan modern yang saya kumpulkan, dapat disimpulkan bahwa mereka yang layak disebut sebagai pahlawan adalah mereka yang tidak memilih untuk melakukan yang mudah atau sulit.  Tetapi, mereka hanya memilih melakukan sesuatu untuk kebaikan.

Resensi Buku Dunia Kata 

Judul Buku = Dunia Kata

Penulis = M. Fauzil Ahim

Penerbit = DAR! Mizan

Tahun Terbit = 2004

Jumlah Halaman = 236 halaman

ISBN = 979-3512-60-1

kategori buku = motivasi

 

            Setiap tulisan menyimpan dunia sendiri bagi penulisnya. Tulisan mengapung di antara dunia nyata dan dunia impian. Sebagai jembatan antara dua dunia ini terdapat dunia kata sebagai penghubung mereka. Kata menjadi elemen utama yang menyangga tulisan. Keberhasilan tulisan bergantung pada pemilihan kata. Setiap kata mampu menyimpan jutaan makna. Melalui kata penuh makna ribuan hati terpikat dan tersihir dengan kedahsyatan kekuatan kata.  Pencipta tulisan harus menyelami dunia kata untuk menciptakan tulisan yang mampu merefleksikan imaginasi mereka. Bersenjata tulisan, penulis mampu menguras emosi para penikmat karya mereka. Setelah itu, pembaca akan terpikat dan setia menunggu karya – karya baru yang dihasilkan dari tulisan keabadian.

            Lantas apa yang bisa dilakukan kata yang menyimpan makna? Banyak! Kata – kata yang terangkai indah mampu membawa keberuntungan bagi seniman kata untuk mendunia. Melalui kata, dunia akan sudi mengakui kehebatan penulis dalam meracik kata – kata menjadi karya nyata yang dinanti setiap pembaca. Nama mereka akan terpatri kuat di hati para pembaca dan mereka akan hidup dalam dunia ini untuk menghidupkan kata yang tak bermakna. Mereka berjuang untuk memenuhi hati yang mulai haus akan ilmu, membangunkan hati yang sudah mati dan membangun dunia impian mereka menjadi dunia nyata penuh kebermanfaatan.

            Namun, menjadi seorang penulis handal yang mampu menjadikan tulisan sebagai senjata untuk menaklukan dunia tidaklah mudah. Berbagai macam proses harus dilalui oleh penulis untuk sampai pada titik itu. Ribuan kegagalan yang mungkin akan membangunkan mereka dari mimpi indah harus mereka hadapi. Menjadi penulis ibarat menjadi panglima perang. Mereka harus punya mental kuat untuk menjadi hebat. Oleh karena itu buku ini lahir sebagai pedoman bagi para calon penulis untuk siap berkiprah di dunia kepenulisan. Bang Fauzil membagikan pengalaman menulisnya melalui buku “Dunia Kata”. Dia menorehkan setiap pelajaran yang dia petik selama menjalani lika – liku kehidupan di dunia ini.

            Buku ini sarat akan makna dan rahasia untuk menjadikan tulisan kita mampu mengikat hati para pembaca. Setiap proses yang harus dilalui oleh penulis dia uraikan secara tuntas dan mudah dipahami. Fauzil memulai  dunia kata dengan mengajak para pembaca untuk menuliskan seluruh pikiran dan perasaan mereka secara sungguh –sungguh. Dia mengutip kata – kata JK. Rowling :

“mulai menulis apa yang kamu tahu. Menulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri.”

Melalui cara ini, dia mengajarkan para pembaca untuk terbiasa menuangkan segala perasaan dan pikiran dalam tulisan. Dengan teknik ini dia berusaha mempengaruhi kita untuk bersiap – siap menajamkan pena dalam rangka menyebarkan kebaikan. Meskipun penikmat tulisan kita hanya teman – teman dan walaupun tulisan kita membicarakan hal – hal yang sepele. Dia meyakini bahwa untuk menjadi penulis besar yang karyanya dinikmati oleh seluruh penghuni dunia, teman – teman dekatlah yang menjadi konsumen pertama dari tulisan sepele yang kita ciptakan.

            Kemudian beralih kelembar – lembar berikutnya, Fauzil mengajak kita untuk membangkitkan kehebatan kita. Kehebatan untuk menjadi terbaik dari diri kita bukan menjadi yang lebih baik dari kita sebelumnya. Jika ingin menjadi penulis hebat, jangan cepat puas dengan tulisan yang sudah kita buat. Perasaan cepat puas akan membuat kita tidak berkembang dan karya kita menjadi kaya yang biasa – biasa saja. Mental untuk menjadi yang terbaik harus kiat tancapkan dalam hati dengan kuat supaya kita akan selalu berusaha menghasilkan tulisan terbaik di setiap keadaan yang sedang kita hadapai.

            Lewat buku kecil ini, penulis membagikan empat syarat yang harus dimiliki oleh calon penulis besar yaitu : i am not a me too style, jangan biarkan editor mengubah tulisanmu, sure! Kita nggak butuh mood, kok! dan sss.. jangan cepat Ge-Er. Menjadi penulis juga perlu bersikap ambisius supaya kita selalu menghasilkan karya hebat sehingga editor tidak perlu merubah sedikit pun tulisan kita. Selain itu kita perlu berlatih untuk menghasilkan karya dengan tidak bergantung pada mood yang sedang kita rasakan. Kapan pun, dalam suasana apapun berusahalah untuk tetap menghasilkan tulisan yang berkualitas.

            “Langkah tepat menjadi penulis hebat” menjadi tagline yang ia tuliskan untuk menyambut bab baru dalam buku ini. Berbagai tips sudah ia tuliskan, kemudian pada pertengahan buku ia melengkapinya dengan langkah apa saja yang harus calon penulis lakukan supaya mimpi mereka menjadi penulis hebat tidak lagi hanya di dunia mimpi. Mulai menulis sekarang adalah langkah pertama yang harus dilaksanakan oleh penulis. Langkah cerdas yang harus diambil untuk menjadi penulis adalah menulis. Ketakutan yang selalui menghantui para penulis pemula adalah keinginan untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik dari tulisan lain sehingga mereka perlu energi yang lebih besar walaupun hanya menulis cerpen sederhana.

            Menjadi penulis berarti membicarakan kekuatan jiwa. Kekuatan jiwa akan menjadikan seseorang mampu menuliskan pikirannya dalam setiap kata yang penuh makna. Bukan ketrampilan yang membuat seseorang menjadi penulis, melainkan kekuatan jiwa yang terlahir dari niat yang bersih, tujuan yang jelas, komitmen yang kuat, visi yang tajam dan mental yang kuatlah yang menjadikan dirinya sebagai penulis.

            Buku ini sangat unik. Ukurannya yang kecil bukan berarti bahwa isi buku ini tidak berkualitas. Malah kebalikannya, buku ini saya rekomendasikan bagi para penulis pemula yang sedang kehilangan arah bagaimana menjadi penulis hebat seperti bang Fauzil. Isi buku ini begitu mantap dan sangat sayang untuk dilewatkan. Penuturan bahasa yang ringan, mudah dimengerti dan dilengkapi dengan tips and trick menjadi penulis berkelas menjadikan buku ini menjadi istimewa. Setiap kalimat penting selalu penulis ulang kembali dengan penebalan dan tanda tertentu supaya mudah diingat oleh para pembaca. Langkah-langkah menjadi penulis, dia tuliskan dengan sederhana dan dilengkapi dengan gambar – gambar lucu sehingga kita tidak akan bosan dengan buku ini.

            Kepiawaian bang Fauzil dalam merangkai kata dengan diberikan bumbu ilmu psikologi yang ia kuasai mampu menyentuh emosi para pembaca sehingga tulisan ini tidak terkesan kaku. Buku ini tidak hanya berisi proses bagaimana menjadi penulis handal, tetapi melalui buku ini bang Fauzil ingin menggugah semangat kita untuk menjadi penulis hebat. Dia membidik para penulis muda supaya memperbaiki mentalnya selama ini. Satu kalimat mujarab yang ia jadikan cambuk bagi para penulis muda adalah ”jika mampu melakukan yang terbaik, tak layak untuk menulis yang sekedar baik saja. Penasaran dengan buku ini? Makanya buruan baca jangan sampai menyesal karena mimpi menjadi penulis besar hanya sebatas imaginasi dalam alam mimpi.

            Di dunia ini tidak ada yang sempurna, termasuk buku ini. Tulisan dalam buku ini ada beberapa yang menggunakan font yang kurang enak dilihat khususnya tulisan yang ditebalkan dan ditempatkan di tempat tersendiri. Ada beberapa halaman yang tidak digunakan secara optimal sehingga halaman ini terkesan boros dan kosong. Beberapa gambar yang digunakan di sini ada yang tidak cocok dengan bahasan buku ini. Kekurangan lain dari buku ini adalah warnanya. Cover buku ini berwarna indah akan tetapi sayang tulisan dan gambar dalam buku ini hitam putih sehingga kurang menarik padahal isinya sangat menarik. Kekurangan ini tidak menjadikan isi buku ini menjadi tidak berkualitas.

Resensi Buku PASSHION! A Story about Love, Passion, and Fashion

Judul Buku = PASSHION! A Story about Love, Passion, and Fashion

Penulis = Ria Miranda

Penerbit = B First (PT Bentang Pustaka)

Tahun Terbit = 2014

Jumlah Halaman = 186 halaman

ISBN = 978-602-1246-01-6

kategori buku = Biografi

“Sebuah fashion show mungkin berlangsung hanya 10 – 15 menit, tetapi apa yang terjadi di balik panggung tidaklah sesingkat itu. It’s not only a ten minute business. Perlu kerja keras, ketekunan, dan kecintaan tinggi terhadap dunia fashion.”

(Ria Miranda)

            Bicara tentang dunia fashion tidak akan ada habisnya. Perkembangan fashion yang begitu cepat, menjadi tantangan yang harus ditaklukkan oleh para designer. Mereka harus siap perang inovasi dan kreatifitas untuk tetap eksis di dunia yang telah membesarkan nama mereka. Ria Miranda, seorang designer muda kebanggaan bangsa yang tengah berjaya berhasil menjawab tantangan itu. Dia melihat peluang untuk mengangkat fashion muslim menjadi salah satu trend fashion yang wajib dipertimbangkan oleh masyarakat muslim di dunia. Kepekaan Ria dalam menyikapi perkembangan fashion saat ini telah mengangkat namanya menjadi salah satu designer fashion muslim yang karyanya selalu dinanti oleh para penikmat fashion. Belum tau siapa itu Ria Miranda? Yuk kita berkenalan lebih lanjut melalui buku PASSHION! A Story about Love, Passion, and Fashion.

            Kesuksesan yang tengah ia nikmati merupakan hasil kerja kerasnya selama ini. Perjuangan mencari jati diri dan menemukan passion sebagai designer merupakan proses panjang yang harus ia lewati. Melalui buku ini, dia membagikan kisah perjuangan dalam meraih cita-citanya. Kisah hidupnya berawal dari keterpaksaan Ria menjalani kehidupan sebagai mahasiswi fakultas ekonomi di salah satu perguruan tinggi negeri di kota Padang. Sebagai seorang anak yang terlahir dari keluarga pebisnis dan akademisi, menjadi sarjana dianggap hal yang wajib dijalani. Dia harus mendapatkan gelar sarjana terlebih dahulu supaya mengantongi ijin dari kedua orang tuanya untuk sekolah fashion. Selama kuliah Ria mengasingkan diri dari dunia organisasi dan memutuskan untuk menjadi mahasiswi kupu-kupu (kuliah pulang – kuliah pulang).

            Demi mendapatkan restu keduanya, Ria terpacu untuk segera lulus dan mendapatkan gelar sarjana. Ada peristiwa unik selama dia kuliah. Ria memiliki waktu lebih banyak untuk mengaktualisasikan hobinya terhadap fashion. Ketika kuliah dia telah mengenakan jilbab, sehingga dia mulai mix and match gaya busana dalam balutan jilbab. Bisa seharian dia berlagak di depan cermin untuk memadu padankan pakaian dan menciptakan gaya peakaiannya sendiri sesuai imaginasinya. Jika telah mendapatkan gaya busana yang apik, dia beranikan diri untuk mengenakannya di kampus. Bukannya pujian yang dia dapatkan, tapi malah pandangan negatif yang ia peroleh dari teman-temannya tentang gaya pakaiannya. Tidak jarang juga kritik dan cibiran dilontarkan kepadanya karena menurut mereka gaya busana Ria terkesan aneh. Akan tetapi, dia tidak menghiraukannya. Ria bersikap cuek dan selama dia masih berpakaian secara sopan dia akan terus berkreasi dan berinovasi. Badai pasti berlalu, beberapa hari setelah mendapat respon negatif, ternyata gaya busana yang ia perkenalkan menjadi tren di kampus dan Ria menjadi inspirasi bagi teman-temannya dalam hal berpakaian.

“Everything happens for a good reason and has its own good time”

Sebuah pepatah yang diyakini kebenarannya oleh Ria. Perjalanan karier Ria kembali diuji setelah ia menyelesaikan sekolah fashion di ESMOD. Harapannya untuk segera menyandang gelar sebagai designer harus tertunda karena dia harus bekerja di majalah Noor atas rekomendasi dari sahabatnya. Ria mendapatkan posisi sebagai fashion stylist. Pernah sesekali ia berfikir untuk apa dia mati-matian memperjuangkan mimpinya dengan belajar di ESMOD jika akhirnya dia terjebak pada keadaan yang tidak dia inginkan karena ilmu yang ia pelajari di sana tidak dapat ia terapkan untuk menghasilkan karya nyata dalam bentuk busana. Akan tetapi, pikiran negatif itu langsung ia singkirkan jauh-jauh dan dia mengambil sisi positif dari setiap peristiwa yang ia alami. Menjadi fashion stylist bukan hal yang buruk karena Ria sangat mudah bergaul dan berkomunikasi dengan berbagai kalangan yang berhubungan dengan fashion. Pintu menuju impiannya pun terbuka perlahan-lahan. Tidak puas dengan posisinya, Ria mencoba peruntungan untuk menjadi penulis fashion dan dia berhasil.

            Impiannya menjadi designer pun akhirnya terwujud setelah perjuangan yang sangat melelahkan. Kini Ria Miranda telah resmi menjadi pengusaha sekaligus designer dengan label sendiri yaitu Ria Miranda. Perjalanan karier yang semakin oke juga diiringi dengan kisah kasihnya bertemu dengan pujaan hati yang sekarang menjadi suaminya. Pandu telah berhasil merebut hati Ria dan Pandu menjadi orang penting dibalik kesuksesan Ria selama ini. Dia mampu menempatkan diri sebagai patner bisnis, teman curhat dan teman hidup bagi Ria. Hidup Ria kini semakin sukses setelah menggelar fashion show pertama dan diikuti oleh deretan fashion show lainnya.

            Buku ini terlihat tipis tetapi isinya sangat padat. Cerita perjuangan Ria dalam meraih mimpi berhasil ia tuangkan dalam buku ini dengan bahasa yang mudah dicerna. Ria tidak hanya menceritakan bagaimana memulai kariernya dari nol, tetapi dia juga menceritakan kisah kasihnya bersama Pandu yang alur cerita perjumpaan mereka begitu menarik untuk diikuti. Selain itu di akhir buku ini Ria memberika tips fashion yang ia bagikan secara gratis kepada para pembaca. Tidak hanya itu, dia juga memberikan insight kepada para pembaca tentang inspirator yang ia sangat kagumi seperti Dian Pelangi, Diajeng Lestari dan lain sebagainya. Buku ini sangat asik untuk di baca. Isinya yang padat namun tidak berat dihiasi pula dokumentasi perjuangan Ria Miranda dalam menggapai mimpinya. Setiap bagian Ria selalu menuliskan quotes dari beberapa tokoh sehingga mudah diingat oleh para pembaca.

            Ria Miranda menulis buku ini sebagai wadah untuk berbagi pengalaman dan perasaannya selama menggeluti dunia fashion. Tidak ada niat untuk menggurui sehingga buku ini dibawakan dengan bahasa yang santai.  Dia mengajak kita untuk ikut menikmati keseruan memasuki dunia fashion yang penuh warna dan dunia bisnis yang serba mengejutkan. Ria juga mengajak kita untuk tidak berkata tidak pada sesuatu jika kita belum mencobanya karena siapa tahu sesuatu yang baru bagi kita merupakan pintu kesuksesan yang dibukakan Tuhan untuk kita. “Ketekunan lebih penting dari pada bakat. Oleh karena itu, jalani pekerjaan kita dengan semangat dan sepenuh hati. kita harus mendalaminya dan menjadi satu dengan pekerjaan tersebut. Great passion creates great work!

            Namun, di dunia ini tidak ada yang sempurna termasuk buku ini. Ada beberapa kekurangan yang saya temukan. Buku ini memang tipis tetapi cara penulisannya seperti koran yang dibagi ke dalam dua kolom di bagian awal dan akhir buku membuatnya terlihat agak aneh. Sedangkan di tengah buku penulisannya tidak dua kolom sehingga terlihat kurang konsisten dalam penulisan buku ini. Selain itu tulisannya pun dibuat rata kanan sehingga terlihat kurang rapi. Terdapat tulisan yang typo di beberapa halaman seperti bahasa asing yang tidak dimiringkan. Akan tetapi, kekurangan yang ada tidak menjadikan buku ini menjadi tidak layak untuk dibaca. Saya sangat menyarankan buku ini untuk dibaca bagi para anak muda yang sedang galau tentang bagaimana cara menggapai mimpinya. Lebih khusus lagi buku ini saya rasa wajib dimiliki bagi mereka yang juga bercita-cita menjadi seorang designer seperti Ria Miranda.

Kado Lebaran Umroh Bersama Abu Tours Untuk Bapak Ibu Tersayang

Ramadhan Penuh Berkah Bersama Abutours & Travel

Aku sering mendengar jika seseorang sudah pernah mengunjungi tanah suci pasti akan selalu rindu untuk kembali. kerinduan itu juga dirasakan oleh Ibu. Kemarin saat aku pulang ke rumah, ibu langsung memamerkan foto – fotonya saat liburan ke sebuah objek wisata replika kota Mekah dan Madinah di Semarang bersama kelompok pengajian tasfsir. Ibu menceritakan bagaimana replika yang disuguhkan di sana benar – benar mirip dengan aslinya dan itu membuat beliau teringat kembali dengan suasana haji satu tahun yang lalu. Dari sorot matanya aku bisa melihat kerinduan yang begitu dalam akan tanah suci. Di akhir cerita ibu bilang kalau ingin sekali kembali ke sana lagi. Aku yang saat itu sangat antusias mendengarkan cerita ibu, langsung menyarankan ibu untuk ibadah umroh.

Ibu dengan lirih merespon saranku, “iya pasti kalau ada rejeki ibu ingin umroh bersama bapakmu. Pasti sangat membahagiakan bisa beribadah bersama bapak di tanah suci.”

ibu jalan

Doc. Pribadi

Deg. Aku hanya bisa terdiam dan pikiranku langsung bergegas menembus ruang dan waktu mengingat memori satu tahun yang lalu. Bulan Agustus tahun 2016, impian ibu untuk pergi haji akhirnya terwujud setelah melalui penantian panjang selama hampir enam tahun. Penuh dengan keharuan ibu mengumumkan berita ini kepada keluargaku. Aku ikut senang dan terharu, tetapi sebenarnya ada kesedihan di antaranya. Bagaimana tidak, ibu tidak bisa berangkat haji bersama bapak. Aku pun beranya – tanya mengapa bapak tidak berangkat juga padahal orang tuaku daftar haji bersama. Aku dan ibu bolak – balik mencari jawaban ke kemenag. Tapi, usaha kami tidak berbuah manis. Kami sudah mengusahakan yang terbaik, tapi apalah daya manusia hanya bisa berusaha Allah SWT yang menentukan. Sejak saat itu aku melihat semangat bapak untuk beribadah haji mulai padam seketika. Bapak pun juga sudah mengikhlaskan semuanya dan meridhoi Ibu untuk berangkat haji.

ibu haji

Doc. Pribadi

Sedih pasti melepaskan kepergian ibu ke tanah suci seorang diri di saat mayoritas teman serombongan beliau bisa haji bersama dengan pasangan. Tetapi, hal itu tidak menghentikan langkah ibu untuk terbang ke Baitullah. Jujur saja aku benar – benar khawatir saat itu. Campur aduk perasaanku antara bahagia dan sedih. Pada saat ibu berpidato di acara pamitan haji, rasanya aku ingin menangis saat itu juga. Apalagi saat mendengar ibu menitipkan keluarga kecilnya kepada saudara – saudaraku, rasanya aku ingin sekali menutup telinga dan pergi. Tapi, aku berusaha keras untuk membendung air mataku agar tidak tumpah begitu saja. Dalam hati aku menguatkan diri bahwa ibu akan baik – baik saja dan Allah SWT akan selalu melindungi beliau di sana. Alhamdulillah ibadah haji ibu berjalan dengan lancar. Walaupun bapak tidak mendampingi ibu, tapi ada teman serombongan ibu yang selalu menjaga beliau. Dan untuk mengurangi rasa khawatir kami di sini, ibu selalu mengirimkan foto – foto saat beliau di tanah suci dan ibu juga beberapa kali telfon kami sambil melepas rindu.

***

Beberapa hari setelah ibu curhat tentang kerinduannya kepada Masjidil Haram, bapak juga curhat kalau beliau ingin sekali ke sana. Saat itu aku dan bapak sedang menantikan buka puasa sambil nonton tausiah di TV. Pada waktu jeda iklan, kami melihat sebuah iklan dari salah satu travel umroh yaitu Abutours.

Entah mengapa bapak tiba – tiba ingin beribadah umroh. Mungkin saja beliau ingin mengobatik rasa kecewa karena tahun lalu tidak bisa ke tanah suci bersama ibu. Menurutku beliau ingin mewujudkan impian ke kota suci berdua bersama ibu dengan paket umroh. Mendengar keinginan tersebut aku sangat bahagia. Berita ini sungguh menjadi berkah ramadhan bagiku karena bapak akhirnya memiliki semangat kembali untuk pergi ke tanah suci setelah tahun lalu belau gagal terbang ke sana bersama ibu. Aku langsung mendukung penuh keinginan bapak apalagi aku juga tahu kalau ibu pun juga menginginkan hal yang sama.

Obrolan kami pun berubah menjadi seputar ibadah umroh. Aku menjelaskan kepada bapak kalau sekarang ini travel haji dan umroh sudah banyak dan salah satunya adalah Abutours yang baru saja kami lihat iklannya di TV. Sambil membuka instagram abutours, aku menunjukkan kepada bapak bahwa mendaftar ibadah umroh bisa kapan saja dan waktu keberangkatannya pun tinggal memilih paket yang telah disediakan oleh agen. Biasanya paket umroh yang paling ramai dan banyak diminati adalah paket ibadah umroh ramadhan karena momen ramadhan yang datangnya hanya setahun sekali saja. Biaya umroh pun juga relatif lebih murah dibandingkan ibadah haji. Apalagi agen travel umroh juga menyediakan paket umroh murah, tapi berangkatnya tahun depan.

Bapak mendengarkan penjelasanku dengan penuh seksama. Beliau juga mantap ingin ibadah umroh saja, mengingat ibadah haji sekarang harus menunggu puluhan tahun dan kemungkinan besar bapak akan berangka sendiri tanpa ibu. Ya Allah SWT ingin sekali rasanya aku mempersembahkan dua tiket ibadah umroh kepada bapak dan ibu tersayang. Aku sangat berharap Engkau memberikanku rejeki untuk mewujudkan impian beliau. Amiiiin. Semoga Engkau meridhoi keinginanku karena sungguh aku melihat betapa merindunya ibu dan betapa inginnya bapak menginjakkan kaki di Baitullah.

Tulisan ini saya ikut sertakan untuk Blog Contest Ramadhan  Bersama Abutours & Travel.

ABUTOURS LOGO

#LebihDariSekedarNikmatnyaIbadah #SemuaBisaUmroh

 

Di Bulan Suci Ramadhan ini Kami Persembahkan Kado Untukmu Adik – Adikku Sayang

Diary Ramadhan Penuh Berkah Bersama Abutours & Travel

Ramadhan tahun ini tidak seperti tahun – tahun sebelumnya. Biasanya aku menghabiskan bulan ramadhan satu bulan penuh bersama ibu dan bapak di rumah tercinta, tapi tidak untuk ramadhan tahun ini. Hampir tiga minggu aku menjalankan ibadah puasa di tanah perantauan – Yogyakarta – karena aku harus menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS). Di kota ini untuk pertama kalinya aku menikmati bulan suci ramadhan tanpa orang tua dan jauh dari kampung halaman. Rasanya seperti ada sesuatu yang hilang, tapi bagaimana pun aku harus ikhlas menjalaninya.

Awalnya aku mengira bahwa puasa tanpa keluarga tercinta akan terasa hambar dan kurang nikmat, tapi untunglah aku memiliki banyak keluarga baru di sini yang membuat ramadhanku lebih ceria. Salah satunya adalah keluarga relawan pengajar pondok yatim dan dhuafa Qurrota’ayyun. Tidak hanya bersaudara dengan para relawan, aku pun juga merasa memiliki puluhan adik sekaligus yaitu para santri di pondok ini. Aku ingat betul saat pertama kali bergabung di keluarga ini. Aku dan teman – teman relawan dipertemukan di aula pondok dan disambut hangat oleh Abi dan Umi sebagai pengurus pondok pada awal tahun 2017.

Abi menceritakan kondisi adik – adik di pondok ini. Mereka adalah anak – anak yang lahir dari keluarga dengan perekonomian yang memprihatinkan yang tinggal di perkampungan kecil jauh dari Yogyakarta. Orang tua mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan pendidikan mereka, sehingga mereka terancam putus sekolah. Selain itu, sebagaian adik – adik sudah menjadi anak yatim sejak kecil. Beruntunglah Abi, dan teman – teman beliau menemukan mereka dan membawa mereka ke Yogyakarta untuk tinggal dan bersekolah gratis di Kota Pelajar ini. Total ada 30 santri yang tinggal di pondok ini baik perempuan dan laki – laki. Mereka terdiri dari anak SD – kuliah hidup bersama dengan fasilitas pondok yang apa adanya tanpa orang tua yang menemani.

pondok

doc. pribadi

Di akhir pertemuan Abi berpesan kepada kami agar sabar dalam membimbing adik – adik, anggaplah mereka sebagai saudara sendiri dan kalau bisa ajaklah mereka bermain. Kami berusaha menjalankan pesan Abi. Setiap sore hari kami menemani mereka belajar di Aula pondok. Senang rasanya mereka menerima kehadiran kami dengan hangat dan mereka cepat sekali dekat dengan kami. Terkadang di sela – sela belajar mereka tiba – tiba curhat masalah di sekolah, seringkali mereka usil, mereka pinjam HP kami hanya untuk selfie bahkan saat jam pulang kami ditahan agar tidak pulang. Kedekatan inilah yang membuat kami sesekali mengajak mereka bermain. Relawan laki – laki patungan menyewa tempat futsal dan mengajak santri putra bertanding. Sedangkan yang perempuan kadang membuat puding di pondok.

foto

doc. pribadi

Keakraban ini bertahan hingga ramadhan tiba. Kami sangat bahagia bisa terus mendampingi mereka belajar dan bermain sambil menimati indahnya bulan puasa. Bagiku menjalankan puasa di tanah perantuan bersama mereka adalah berkah ramadhan yang patut aku syukuri karena dari adik – adikku inilah aku banyak belajar banyak hal tentang bagaimana bersyukur dengan apa yang kita miliki, tetap ceria walau hidup jauh dari orang tua dengan kondisi apa yang ada dan mereka yang mengajariku untuk terus berjuang meraih mimpi. Perasaan ini ternyata tidak hanya aku rasakan, tetapi sebagian besar relawan pun juga merasakan hal yang sama. Untuk itulah di bulan ramadhan ini kami berinisiatif membuat sebuah acara berbagi kebahagian bersama mereka.

Seperti sebuah acara pada umumnya, kami melakukan beberapa kali rapat di aula pondok beserta dengan Abi dan Umi untuk mematangkan acara. Tema acara ini adalah berbagi dan menginspirasi. Kami mengajak dua volunteer lain yang menginspirasi untuk berbagi cerita hebat mereka kepada adik – adik. Selain itu, kami juga membuka donasi pakaian pantas pakai yang akan kami sumbangkan untuk mereka dan kami memberikan hadian alat tulis kepada mereka. Harapan kami dari acara ini supaya mereka termotivasi untuk lebih giat belajar dan terinspirasi oleh cerita sukses dari kakak volunteer dalam mewujudkan impian.

rapat

doc. pribadi

Acara sesungguhnya berlangsung pada minggu kedua bulan puasa, tepatnya hari Sabtu di aula pondok. Sungguh luar biasa antusias mereka mengikuti rangkaian acara yang sudah kami susun. Di awali dengan sambutan dari Abi, kemudian sesi cerita perjalanan dua orang volunteer dalam menggapai impian mereka untuk menginspirasi adik – adik. Setelah itu para santri dan semua relawan menuliskan impian besar kami di pohon impian yang sudah kami sediakan. Acara terakhir adalah pembagian hadiah dari kami untuk  para santri yang sudah kami anggap sebagai adik sendiri. Hadiah yang kami bungkus kertas kado mereka terima dengan riang gembira. Sungguh bahagianya hari itu, melihat senyum mereka yang sangat manis dan ucapan terima kasih yang begitu tulus semakin membuat kami bersyukur menjadi bagian dari pondok ini. Tak lupa sebelum pulang kami foto bersama.

doc. pribadi

Berkah ramadhan memang berlipat, bukan hanya adik saja yang mendapatkan hadiah. Kami pjuga mendapatkan oleh – oleh gantungan kunci dari seorang teman yang baru saja pulang dari ibadah umroh. Kami ikut bahagia menyambut kedatangannya kembali. Jujur saja aku penasaran mengapa akhir – akhir ini banyak temanku yang bisa umroh sambil mengisi liburan. Akhirnya aku tanya saja ke mbak Vika. Dia menjelaskan kalau biaya umroh lebih murah dari pada haji. Kita daftar umroh dan bisa berangkat kapan saja sesuai jadwal yang telah disediakan oleh travel umroh. Dia dan keluarga mengambil paket umroh ramadhan.

Sekarang ini sudah banyak travel Haji Umroh, salah satu yang iklannya sering muncul di TV adalah Abutours. Memang benar sih aku sering melihat iklan ini di TV.

Benar saja, pulang ke kos aku coba cari tahu sebenarnya berapa sih biaya umroh. Ternyata di abu tours menyediakan banyak paket umroh yang bisa aku pilih dengan harga dan tanggal keberangkatan yang bervariasi.

Abutours 

Bismillahirrohmanirrohim, semoga tahun depat bisa umroh bersama keluarga tercinta. Amiiiin.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Contest Ramadhan Bersama Abutours & Travel

#LebihDariSekedarNikmatnyaIbadah #SemuaBisaUmroh

Berbagi Kebahagian di Bulan Ramadhan Bersama Adik – Adikku yang Hebat

HEADER

Ramadhan selalu dirindukan kehadirannya oleh seluruh umat muslim di dunia termasuk kita. Salah satu bulan yang penuh dengan keberkahan dan limpahan pahala menjadi semangat umat muslim berlomba – lomba dalam kebaikan. Meningkatnya semangat beribadah umat muslim dipicu oleh keutamaan bulan suci Ramadhan. Allah SWT telah menjanjikan pahala dan keberkahan yang berlipat ganda sekecil apapun ibadah yang dijalankan oleh hamba-Nya. Ada lagi keutamaan lainnya seperti:

Kehadiran bulan ramadhan tahun ini juga aku sambut dengan riang gembira walaupun sebenarnya ada kesedihan yang menyertainya. Tahun ini aku harus rela menghabiskan tiga minggu puasa di kota perantauan yaitu Yogyakarta. Aku harus bertahan di kota Pelajar ini karena aku harus menyelesaikan beberapa kewajibanku yaitu ujian akhir semester. Puasa biasanya aku di rumah bersama dengan orang tua, tapi tahun ini aku habiskan dengan teman – temanku yang nasibnya mirip denganku. Walaupun begitu aku ikhlas menjalaninya karena pasti ada hikmah dibalik semua ini. Menjalankan puasa di kota perantuan ternyata menyenangkan sekali karena di sini aku memiliki banyak keluarga baru salah satunya adalah keluarga relawan pengajar pondok yatim dan duafa qurrota’ayyun. Pondok ini terletak di Jalan Kaliurang KM 8,3 Sleman, Yogyakarta. Aku bergabung di keluarga ini di awal tahun 2017. Di pondok ini dihuni oleh total 30 anak yatim dan dhuafa. Mereka terdiri dari laki – laki dan perempuan yang aku sendiri lupa detailnya jumlah masing – masing. Mereka ada yang SD kelas 1 hingga kuliah.

Aku ingat betul pertama kali bertemu Abi dan Umi – sepasang suami istri yang mengurus pondok- saat menyambut aku dan teman – teman di sini. Abi menceritakan bagaimana perjuangan beliau membawa adik – adik ke Yogyakarta. Adik – adik yang tinggal di pondok ini merupakan anak dari keluarga yang kurang mampu yang tinggal di luar kota. Kondisi perekonomian keluarga yang memprihatinkan membuat adik – adik terancam tidak bisa melanjutkan sekolah. Namun, berkat kerjasama antara abi dan teman – temannya, mereka akhirnya bersedia meninggalkan orang tua di kampung dan belajar di Yogyakarta. Mereka tinggal di pondok qurrota’ayyun dan bersekolah gratis di Yogyakarta. Abi menceritakan keadaan mereka di sini. Di saat anak – anak lain di luar sana diantar sekolah oleh orang tuanya dan diberikan fasilitas yang lengkap, mereka harus berjuang untuk hidup mandiri tanpa kasih sayang orang tua. Adik – adik di pondok ini memang tinggal dan bersekolah gratis, tapi diusia yang masih kecil seperti ini aku tidak bisa membayangkan hidup jauh dari orang tua. Dari cerita ini Abi kemudian berpesan kepada kami agar sabar mendidik adik – adik kalau mereka sedikit nakal itu hanya salah satu bentuk mereka untuk mencari perhatian dari kami. Abi juga berpesan agar kami bisa menjadi kakak bagi mereka dan menganggap mereka sebagai adik sendiri.

Di rumah inilah mereka tinggal bersama saling berbagi dan saling menyayangi walaupun mereka bukanlah saudara kandung. Di dalam rumah ini ada beberapa kamar. Di setiap kamar diisi oleh 5 – 10 anak dengan kasur dan fasilitas seadanya. Mereka hidup bergantung dari aliran dana dari para donatur. Fasilitas lain adalah aula yang cukup luas. Di aula pondok inilah kami mendampingi mereka belajar dan menyelesaikan PR setiap sore. Saat pertama kali bertemu mereka rasanya canggung sekali, terbesit rasa iba di hati kami. Tapi, perasaan itu hanya sementar karena kebahagiaan mulai kami rasakan ketika mereka menerima kami sebagai kakak mereka. Karena kedekatan kami, kadang mereka suka usil menyembunyikan sandal kami misalnya, tiba – tiba curhat masalah pribadi dan bahkan saat waktu belajar sudah selesai kami tidak boleh pulang. Rasa kekeluargaan inilah yang membuat kami sangat terharu dan merasa seakan – akan mereka adalah adik kandung kami.

Untuk itulah kami relawan pengajar berinisiatif membuat kegiatan di luar jam belajar. Misalnya saja relawan laki – laki patungan menyewa tempat futsal dan mengajak adik – adik bermain futsal bersama. Kalau yang perempuan kadang datang ke pondok bikin puding atau memasak bersama. Inilah potret kedekatan kami.

ayee

Sejak awal tahun hingga bulan ramadhan tiba kami sudah menjadi keluarga selama kurang lebih lima bulan. Mumpung ini bulan yang sangat indah, kami para relawan pengajar mempunyai ide untuk mengadakan acara bersama adik – adik, yaitu berbagi untuk menginspirasi. Acara ini disusun untuk bersenang – senang dan saling mengakrabkan diri serta saling berbagi kebahagian bersama adik – adik kami. Berbagi di bulan ramadhan sangat dianjurkan karena Allah SWT akan melipat gandakan pahala hamba-Nya yang bersedekah di bulan baik ini. Selain itu, ada juga manfaat lain dari bersedekah yaitu:

manfaat sedekah

Karena manfaat bersedekah inilah kami tidak ingin melewatkannya. Kami mengemas acara bagi – bagi kebahagian bersama adik – adik dengan acara yang menarik. Seperti sebuah acara pada umumnya, kami para relawan beserta abi dan umi mengadakan rapat untuk menentukan acara apa saja yang akan diadakan nantinya. Rapat ini berlangsung di aula pondok dan pada sore hari sambil ngabuburit bersama. Total dari perumusan ide hingga persiapan selesai hanya satu minggu mengingat ini bulan puasa banyak relawan dan adik – adik yang harus segera mudik.

Kado yang kami berikan kepada adik – adik berupa alat tulis dan pakaian muslim pantas pakai yang kami kumpulkan dari para relawan dan para donatur. Alat tulis ini sebagai bentuk motivasi bagi adik – adik supaya semakin giat belajar, untuk pakaian muslim supaya bisa mereka pakai saat lebaran di kampung halaman mereka. Alhamdulillah sekali banyak donatur yang menyumbangkan pakaian muslim pantas pakai. Seminggu persiapan kami sibuk sekali menyortir pakaian, membungkus kado, menentukan permainan dan sebagainya.

Pada hari H acara berjalan lancar. Acara ini diisi dengan pengajian dari salah satu ustad di pondok, berbagi kado dari kakak relawan kepada adik – adik dan dilanjutkan foto bersama. Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 10 Juni 2017 di pondok Qurrota’ayyun dari siang hingga sore menjelang berbuka puasa. Aku pribadi benar – benar bangga menjadi bagian dari keluarga ini karena aku tidak hanya mendapatkan keluarga baru yang begitu menginspirasi, tetapi aku juga banyak belajar dari kehidupan adik – adikku di sini. Walaupun mereka jauh dari orang tua, mereka harus hidup dengan keterbatasan harta benda, tapi mereka bisa hidup mandiri sejak kecil, tidak pernah mengeluh dan berputus asa. Mereka justru selalu ceria dan selalu bersyukur atas apa yang mereka dapatkan saat ini. Terima kasih adik – adikku sayang karena kalian mengajarkanku bagaimana caranya bersyukur dengan apa yang telah Allah SWT berikan kepadaku. Semoga setelah libur ramadhan kita bisa berjumpa lagi.

Sejujurnya aku dan teman – teman ingin sekali membagikan pakaian muslim yang masih baru kepada mereka, tetapi karena keterbatasan dana dan waktu kami hanya bisa memberikan mereka pakaian muslim pantas pakai yang kondisinya masih bagus. Semoga saja di kesempatan berikutnya aku dan teman – teman bisa mewujudkan mimpi ini supaya adik – adik semakin riang gembira menyambut lebaran dengan baju baru.

Ngomong – ngomong soal baju muslim untuk lebaran atau untuk acara lainnya kamu bisa belanja di elevenia.

Belanja melalui elevenia kamu akan mendapatkan pengalaman berbelanja dengan platform open marketplace dengan sistem transaksi pembayaran yang dijamin keamanannnya. Elevenia memberikan solusi pembayaran menggunakan
Escrow System. Begini gambarannya :

Belanja di elevenia memudahkan kamu untuk menentukan produk baju muslim yang bervariasi dan pastinya dengan diskon yang menggiurkan.

Kamu bisa pilih – pilih baju kesukaanmu disini. Selamat libur lebaran jangan lupa untuk terus bersedekah yaa.

 

FASILITAS PREMIUM, APARTEMEN OLYMPIC RESIDENCE SENTUL HUNIAN MODERN LAYAK KAMU MILIKI

Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang diinginkan banyak orang. Tidak salah jika saat ini kita berjuang untuk membeli rumah sendiri. Sayangnya, tidak semua orang berhasil mewujudkan mimpi tersebut karena harga rumah yang terlampau mahal tidak sebanding dengan pendapatan masyarakat, dan jumlah tanah yang tidak seimbang dengan jumlah ledakan penduduk yang begitu cepat. Apalagi bagi kamu yang memilih untuk mengadu nasib ke kota besar seperti Jakarta, kamu harus bekerja ekstra keras untuk mewujudkan impian memiliki rumah di kota perantauan. Pasalnya masyarakat yang sekarang tergolong sebagai generasi milenial diramalkan akan sulit membeli rumah khususnya di kota – kota besar.

SULIT PUNYA RUMAH

Kita yang termasuk sebagai generasi milenial tentunya harus was – was dengan berita mengejutkan ini. Membeli rumah ternyata tidak semudah yang dibayangkan karena kita harus mengumpulkan uang yang tidak sedikit. Mengapa membeli rumah terasa begitu berat ya? Ternyata masalah utamanya adalah pendapatan yang kita terima dan harga tanah. Menurut  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang dikutip dari CNN Indonesia, dalam kurun waktu 4 – 5 tahun pendapatan masyarakat naik sebesar 10%, sedangkan harga tanah akan melonjak naik sekitar 15% hingga 20%. Antara pendapatan dan harga tanah kenaikannya tidak seimbang dan inilah yang harus segera kita antisipasi.

Di media online bisnis Viva.com, Ignatius Untung – Country General Manager Rumah123 – memberikan gambaran cicilan rumah yang mampu ditanggung oleh masyarakat berdasarkan besarnya gaji per bulan seperti ini:

  • gaji Rp4 – 7 juta hanya mampu membayar cicilan sebesar Rp2,1 juta/bulan
  • gaji Rp7 – 12 juta hanya mampu membayar cicilan sebesar Rp3,6 juta/bulan
  • gaji lebih dari Rp12 juta mampu membayar cicilan sebesar Rp4,5 juta/bulan

Informasi tersebut menyadarkan kita bahwa kita harus membuka tabungan khusus untuk rumah jika memang ingin  memiliki rumah sendiri. Selain itu, kita juga sebaiknya mulai mencari sumber pendapatan baru agar penghasilan kita bisa meningkat dan tidak hanya bergantung pada pendapatan yang berasal dari satu sumber saja. Lantas apakah memiliki hunian pribadi hanya akan sebatas mimpi? Tentu tidak. Sekarang ini sudah mulai bermunculan apartemen sebagai bentuk variasi dari rumah pribadi. Harga apartemen cenderung lebih murah dibandingkan dengan rumah, bentuk apartemen yang minimalis menjadi salah satu alasannya. Kalau membeli rumah kita banyak mengeluarkan biaya seperti biaya untuk tanah, bangunan, perabotan, cat dan sebagainya, membeli apartemen kamu tinggal pilih saja tipe yang sesuai dengan kantongmu semua perabotan dan fasilitas bisa langsung kamu nikmati.

Nah buat kamu yang tertarik untuk membeli apartemen ada baiknya kamu memperhatikan 8 tips di bawah ini sebelum kamu memutuskan untuk memiliki apartemen.

tips

Khusus kamu yang saat ini berdomisili dan bekerja di Sentul dan sekitarnya dan belum memiliki hunian, apartemen Olympic Residence bisa kamu pertimbangkan sebagai hunian pribadi. Apartemen Olympic Residence yang mengusung tema “Smart Green Living” berlokasi di kawasan bisnis Olympic Commercial and Business District (Olympic CBD), Sentul, Bogor, Jawa Barat. Terletak di area Sunrise Property, yakni lokasi yang akan ‘bersinar’ dan berkembang di tahun-tahun mendatang, apartemen ini menawarkan konsep hunian nyaman dan produk investasi yang menjanjikan. Kawasan industri  CBD ini terdiri dari 68 perusahaan besar (asing dan lokal), 9 office tower, gudang pintar, dan diapit oleh 2 hotel (Renotel dan Sentul Hotel).

Apartemen Olympic Residence ini menawarkan keuntungan yang berlipat – lipat untuk kamu. Delapan keuntungan ini bisa kamu pertimbangkan untuk membeli apartemen ini.

keuntungan

Selain keuntungan yang ditawarkan oleh apartemen Olympic ini, ada juga keunggulan yang dimiliki oleh apartemen ini.

header

Yuk kita cari tahu ada apa saja di apartemen Olympic Residence ini. developer

Olympic Residence Sentul merupakan produk dari PT HK Realtindo, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero), yang bekerjasama (joint operation) dengan Olympic Development (PT Bogorindo Cemerlang). Kerjasama tersebut melahirkan pengelola yaitu

KSO HKR Bogorindo dengan IMB No. 648/003.2.1/00453/BPMPTSP/2015

Dukungan BUMN yang kuat dan sudah berpengalaman selama hampir 60 tahun memberikan rasa aman kepada para customer properti, khususnya dalam berinvestasi.

developer 1

lokasi

Lokasi dan akses merupakan value utama yang ditawarkan apartemen yang menghadap ke arah Tenggara ini. Berada di Sentul, Olympic Residence Sentul berjarak hanya “selangkah” dari gerbang tol Sirkuit Sentul. Lokasi Olympic Residence sangat strategis karena terletak di kawasan CBD Olympic yang produktif, yang terdiri dari 68 perusahaan (asing dan lokal), 9 office tower, gudang pintar, serta diapit oleh 2 hotel (Renotel dan Sentul Hotel). Apartemen ini sangat cocok untuk kamu yang memang bekerja di area ini. Pasti sangat membahagiakan jika kita memiliki hunian pribadi yang dekat dengan tempat kerja. Akses menuju apartemen Olympic Residence dari Jakarta atau Bogor cukup mudah karena lokasinya dekat dengan Tol Jagorawi.

kelilingi

tipe

Menempati lahan seluas 6.471 m2, Olympic Residence Sentul didesain kokoh dalam bentuk sepasang bangunan tower eksklusif setinggi 19 lantai, dengan jumlah total 780 unit, yang dibagi 363 unit di tower 1 dan 417 unit di tower 2. Olympic Residence menarakan 4 tipe hunian yang bisa kamu pilih yaitu tipe studio, 1 bedroom, 2 bedroom dan 2 bedroom corner.

Tipe studio 

Studio adalah tipe apartemen terkecil. Tipe ini terdiri dari 1 kamar mandi dan 1 ruangan serbaguna yang difungsikan sebagai ruang tidur, ruang keluarga, ruang makan yang menyatu dengan space kecil untuk dapur, dan segala aktivitas lainnya. Tipe Studio cocok untuk pekerja single dan pengantin baru.

studio

Tipe 1 Bedroom

Tipe 1 Bedroom ini berbentuk unik, lebih besar dibanding Studio. Sesuai namanya, tipe ini terdiri dari 1 kamar tidur terpisah, 1 kamar mandi, dan 1 ruang keluarga yang menyatu dengan area makan dan space dapur. Keunikan desain layout ada di kamar tidur dan kamar mandi. Cocok untuk pengatin baru atau pasangan muda dengan 1 anak balita

1 bedroom size

Tipe 2 Bedroom

Tipe 2 Bedroom jauh lebih luas jika dibandingkan dengan tipe Studio. Sesuai namanya, tipe ini terdiri dari 2 kamar tidur terpisah (master dan tambahan), 1 kamar mandi, dan 1 ruang keluarga yang menyatu dengan area makan dan space dapur. Tipe ini cocok untuk keluarga dengan 1 anak.

2 bedroom size

Tipe 2 Bedroom Corner

Tipe 2 Bedroom Corner ini sama persis dengan 2 Bedroom. Tambahan istilah “Corner” karena lokasinya berada di sudut bangunan, sehingga mendapat space tambahan (hook). Tambahan selebar 0,25 m diimplemen di sisi kanan, yaitu di kamar tidur utama dan kamar mandi. Tipe yang terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 ruang keluarga (termasuk area makan dan dapur) ini cocok untuk keluarga dengan 1-2 anak.

2 bedroom corner size

Kamu tinggal pilih tipe mana yang cocok dengan kebutuhanmu. Semua tipe apartemen yang ditawarkan angsuran per bulan mulai dari 2 jutaan. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa cari tahu di sini.

premium

Apartemen Olympic Residen dilengkapi dengan fasilitas premium yang siap memanjakanmu. Untuk melihat gambaran fasilitas apa saja yang disediakan kamu bisa simak di video singkat ini.

Fasilitas yang begitu banyak ini akan aku bagi menjadi dua kelompok yaitu fasilitas apartemen dan fasilitas one stop living.

Fasilitas Apartemen

Fasilitas apartemen terdiri dari fasilitas kesehatan, dan fasilitas parkir. Di Olympic Residence ini kamu bisa menikmati fasilitas kesehatan berupa jogging track, swimming pool, gym center dan juga playground untuk bermain bersama anak. Kamu tinggal pilih olahraga apa yang kamu suka.

olahraga

Parkir area yang luas akan membuatmu nyaman untuk memarkirkan mobil kesayanganmu.

parking

One Stop Living

Olympic Residence mengusung konsep apartemen one stop living dimana kamu akan difasilitasi dengan groceries area, shoping area dan foodcourt – cafe area. Kamu tidak perlu jauh – jauh meninggalkan apartemen saat kamu ingin berbelanja bahan makanan, belanja kebutuhan sehari – hari atau di saat kamu ingin nongkrong bersama sanak saudara di cafe. Semua fasilitas yang kamu butuhkan sudah tersedia di kawasan apartemen, so kamu bisa menghemat waktu dan tenaga.

Internal Shuttle Bus

Olympic Residence menyediakan fasilitas shuttle bus untuk mengantakanmu ke area pintu masuk tol dan stasiun LRT. Dengan memanfaatkan bus ini kamu bisa menghemat waktumu.

bus

 

sistem

Olympic Residence menjamin keamanan bagi para customernya dengan memberikan sistem kemanan 24 jam, CCTV dan access card system. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan hunian pribadimu saat kamu tinggalkan.

sistemcard

pendukung

Fasilitas pendukung ini bukanlah fasilitas yang disediakan secara langsung oleh apartemen Olympic Residence. Fasilitas ini merupakan berbagai macam fasilitas yang tersedia di sekeliling lokasi apartemen. Seperti yang udah aku jelaskan bahwa Olypmic Residence berlokasi di tempat yang strategis. Apartemen ini dekat dengan tempat wisata, rumah sakit, akses pendidikan, mall atau sentra bisnis,

Tempat Wisata

Jika kamu mulai penat dengan rutinitas sehari – hari dan ingin pergi ke tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah, segera saja berkunjung ke sana. Lokasi apartemen ini dekat dengan berbagai macam wisata alam seperti pemandian air panas gunung pancar, hutan pinus gunung pancar, geo park gua agung garunggang dan lain sebagainya. Dengan rekreasi menikmati alam akan mengembalikan semangatmu dan mengusir rasa bosan. Apalagi kalau kamu pergi bersama dengan keluarga atau sahabat.

Nah, kamu harus coba semua tempat wisata itu yaa.

Rumah Sakit

Apartemen Olympic Residence juga dekat dengan akses kesehatan yaitu rumah sakit Pertamedika Sentul City. So, kamu bisa check up kesehatan secara teratur dan apabila kamu sakit bisa segera ditangani oleh dokter.

rumah sakit

Pendidikan

Akses ke dunia pendidikan juga tidak ketinggalan. Apartemen ini juga dekat dengan Sekolah Pelita Harapan dan BPK Penabur. So, jika kamu sudah memiliki anak bisa banget mempertimbangkan untuk sekolah di sana.

bpk penabur

Mall atau Sentra Bisnis

Kalau kamu bosan dengan suasana perbelanjaan di apartemen, kamu bisa sesekali belanja di mall terdekat. Olympic Residence juga dekan dengan mal atau pusat sentra bisnis seperti Cibinong Mall, Bellanova Country Mall, Sentul Industrial Estate, kawasan industri Cibinong dan lain sebagainya.

Setelah melihat semua fasilitas premium dan fasilitas pendukung yang dimiliki oleh apartemen Olympic Residence apakah kamu tertarik untuk membeli satu unit ?

Kalau kamu tertarik dengan apartemen ini dan butuh informasi lebih lanjut, langsung aja klik www.olympicresidence-sentul.com

 

 

ASUS EeeBook 202 Notebook yang Siap Diajak Berkarya Dimanapun dan Kapanpun

Sebagai mahasiswa di era digital, notebook menjadi salah satu barang wajib yang harus aku miliki. Tanpa notebook hidupku bisa berantakan dan menjadi ketergantungan. Bagaimana tidak, seiring dengan kemajuan teknologi hampir seluruh tugas – tugas yang tidak ada habisnya ini harus diketik dan dikirim email. Selain itu, kegiatan di luar kampus pun juga menuntutku untuk menggunakan notebook. Kebayang dong kalau enggak ada notebook, mungkin tiap hari aku harus nongkrong seharian di depan komputer kampus yang jumlahnya terbatas, merelakan sebagian uang jajanku untuk mengerjakan tugas di warnet atau meminjam notebook teman yang aku tahu kadang mereka tidak ikhlas notebooknya aku pakai dalam waktu yang lama. Mungkin hidupku tidak bisa fleksibel apalagi aku orang yang tidak betah duduk lama di depan layar komputer.

Untunglah orang tuaku memahami kebutuhanku. Saat masih duduk dibangku SMA mereka membelikanku sebuah notebook yang masih aku gunakan saat ini. Kurang lebih sudah enam tahun lamanya notebook ini menemaniku melewati ujian hidup sebagai siswa hingga berganti status menjadi mahasiswa. Ujian semakin berat saat menjadi mahasiswa karena semakin tinggi semester semakin banyak tugas yang menumpuk ditambah lagi deadline tugas organisasi yang sering mendadak dangdut dan deadline lomba. Dengan adanya notebook aku bisa melakukan banyak hal.

BANYAK HAL

SKRIPSI

Notebook teman setia untuk mengerjakan skripsi dimana saja dan setiap hari. Yah sebagai mahasiswa tingkat akhir yang harus segera menanggalkan status mahasiswa skripsi menjadi syarat utama untuk lulus. Jadi, aku harus segera menyelesaikannya berapa pun revisi yang harus aku perbaiki.

NUGAS

Banyak sekali tugas – tugas yang harus diselesaikan baik itu tugas kuliah maupun tugas di luar kuliah seperti tugas organisasi atau parttime. Notebook membantuku untuk menyelesaikan semua tugas yang seringkali deadlinenya bersamaan.

STREAMING

Kalau sedang bosan dengan tumpukan tugas yang tidak kunjung selesai, aku biasanya straming film terbaru, streaming konser atau streaming anime untuk menghibur diri dari rasa penat karena rutinitas yang monoton.  Selain itu aku sedang hobi banget streaming DIY project di channel youtube milik bule karena mereka memberikanku inspirasi untuk berkarya.

ELEARNING

Di jaman digital ini belajar apapun dimanapun dan kapanpun jauh lebih mudah. Cukup bermodalkan notebook yang terhubung dengan internet aku bisa memperkaya diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan up date dengan berita – berita terkini. Aku sedang berusaha untuk belajar bahasa inggris dan jepang secara otodidak dengan mengikuti berbagai kursus gratis di internet.

SOSMED

Sebagai anak muda generasi milenial pastilah sudah akrab dengan berbagai macam sosial media seperti facebook, twitter, line, intagram, skype dan sebagainya. Saat mengerjakan tugas seringkali aku juga membuka tab untuk sosmedku. Jadi, tugas kelar sosmed pun jalan.

BLOGGING

Sejak aku mengenal blog aku jadi ketagihan. Awalnya aku membuat blog karena tergiur dengan berbagai hadiah lomba blog, tapi rasanya punya blog tapi hanya untuk lomba saja rasanya kurang asik. Jadi, sekarang aku mulai belajar blog mulai dari nol dan mulai karena aku ingin mewujudkan salah satu mimpiku menjadi food blogger. Dengan memiliki notebook aku bisa berlatih dan mengasah skill menulisku dimana saja dan kapan saja.

DLL

Notebook tidak hanya aku gunakan untuk kegiatan itu – itu saja. Kadang ketika aku sudah lelah dan ingin curhat, aku bikin tulisan diary di Ms.Word. Saat aku sedang bosan aku main game atau nonton film seperti drama korea, action movie hingga naruto. Banyak deh kegiatan yang bisa aku lakukan bersama notebook.

Bagiku notebook sudah seperti teman yang selalu aku butuhkan kehadirannya. Tanpa notebook aku enggak bisa produktif dan kurang berkarya. Tapi, notebookku yang sekarang sepertinya harus diistirahatkan karena dia sering banget rewel. So, aku butuh banget notebook baru dengan kualitas yang oke tapi harga mahasiswa. Karena banyaknya pilihan merk notebook aku jadi bingung memilih yang mana. Akhirnya aku coba searching tips untuk mencari notebook yang sesuai bagi mahasiswa.

TIPS

Dari semua tips di atas tentunya yang paling penting adalah disesuaikan dengan budget. Sebagai mahasiswa yang banyak pengeluaran, membeli notebook dengan spesifikasi laptop harga jutaan rupiah tapi budget miring adalah dambaan setiap orang. Aku punya budget sekitar tiga juta rupiah ingin sekali membeli notebook dengan spesifikasi berkualitas seperti notebook harga lima jutaan. Apakah kamu juga menginginkan hal yang sama sepertiku? Kalau iya berarti kita harus mempertimbangkan Notebok ASUS EeeBook 202.

Kemarin aku nonton iklan ASUS EeeBook 202 sungguh elegan dan menggiurkan sekali. Ingin rasanya aku memilikinya.

Dari iklannya saja aku sudah mupeng banget (muka pengen). Nah, karena aku penasaran dengan spesifikasi apa saja yang dimiliki ASUS EeeBook 202 ini aku akhirnya kepo deh. Dan aku ingin membagikan informasi ini kepada kamu. Check this out yaa.

 

COMPACT DESIGN YANG ELEGAN MUDAH DIBAWA KEMANA SAJA

ASUS EeeBook E202 didesain untuk selalu siap sedia kapan pun dan di manapun. Dengan bobot 1.21kg yang sangat ringan dan mudah disimpan di tas, E202 ini hanya berdimensi 193 x 297 mm dan tidak lebih besar dari kertas yang berukuran A4. Ini pas banget dibawa ke kampus, ke kos teman atau ke kafe karena aku orang yang tidak betah mengerjakan tugas di dalam kos. Dengan desain yang imut dan ringan tidak akan membuatku cepat lelah saat menggendong ransel berisi notebook kemanapun aku mau.

ringan

 

EKSPRESIKAN DIRIMU DENGAN WARNA FAVORITMU

Notebook yang hadir dalam versi Windows 10 dan juga DOS ini tersedia dalam pilihan warna. Pilih dan ekspresikan diri Anda dengan 4 warna yang ekspresif yaitu :

WARNAKU

  • Silk White
  • Dark Blue
  • Lightning Blue dan
  • Red Rouge

 

Aduh jadi bingung mau pilih warna yang mana.

 

WALAUPUN DIMENSI MINIMALIS, NOTEBOOK INI TETAP DILENGKAPI DENGAN FUNGSI YANG BERKUALITAS

USB

 

Walau dengan dimensi yang minimalis, ASUS EeeBook E202 ini tetap memiliki dukungan beberapa USB port, sebuah micro HDMI port, dan slot MicroSD yang tersedia bagi kegiatan komputasi sehari-hari. USB 3.1 tipe C ini sangat menghemat waktu Anda, dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya. Wah, USB 3.1 tipe C ini cocok banget buat aku yang sering banget harus memindah data dari HP ke notebook atau dari flashdisk ke notebook dan sebaliknya.

TEKNOLOGI SUPERBATT YANG AKAN MENDUKUNGMU BERKOMPUTASI SEHARIAN

Baterai merupakan sebuah hal yang penting dalam sebuah Notebook, ASUS datang dengan sebuah solusi baterai yang mampu bertahan lebih baik walau sudah dilakukan pengisian ulang berkali-kali, baterai bocor sudah bukan masalah. SuperBatt Technology adalah teknologi keluaran ASUS yang memberikan jaminan baterai akan lebih tahan lama hingga 2.5x.

ASUS EeeBook E202 memiliki ketahanan baterai sampai 8 jam sehari, tidak perlu khawatir kehabisan baterai pada saat Anda bekerja dimanapun dan kapan pun.

E202 ini menggunakan baterai jenis polymer.

BATERAI

Pastilah notebook ASUS E202 ini sangat cocok untuk mengerjakan skripsi atau streaming movie seharian.

SMART GESTURE TOUCHPAD LAYAKNYA GESTURE PADA LAYAR SENTUH

E202_white_11

SMART

ASUS telah mengembangkan teknologi eksklusif yang disebut Smart Gesture yang memungkinkan kamu menggunakan Windows gesture yang intuitif pada touchpad, membuatnya lebih mudah untuk navigasi atau kontrol aplikasi. Smart Gesture juga memiliki teknologi cleverpalm- rejection sehingga hanya jari Anda yang melakukan pengendalian, bukan bagian tangan lainnya. Ini adalah hal yang paling mudah, cara paling alami untuk mengendalikan laptopmu.

E202 DILENGKAPI DENGAN INTUITIVE TOUCH EXPERIENCE

touchpad

 

Selain itu, touchpad pada E202 ini sangat responsif dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Ukurannya pun juga 36% lebih besar dibandingkan dengan notebook lain di kelasnya.

 

 

KEYBOARD DENGAN DESAIN CHICLET MENAMBAH KENYAMANAN SAAT MENGETIK

Eeebook E202 memiliki keyboard yang sangat nyaman untuk digunakan, dengan desain one-piecce chiclet keyboard dengan jarak antar keyboard 1.66mm membuat pengetikan semakin nyaman.

keyboard

Selain itu, keyboard juga didesain secara ergonomi untuk meningkatkan responsive dan supaya keyboard berfungsi lebih optimal. Mungkin mengetik skripsi berhalaman – halaman jari – jariku tidak akan cepat lelah.

DESAIN FANLESS YANG TIDAK AKAN MENGELUARKAN SUARA BISING

Desain yang sangat tipis dan fanless membuat ASUS EeeBook E202 memiliki suara bising sangat rendah, sangat cocok digunakan saat di perpustakaan atau bahkan ditinggalkan semalaman untuk mendownload dokumen dan files. Asik banget kalau bisa memiliki ASUS E202 ini karena aku paling sebel kalau notebookku mengeluarkan suara bising akibat terlalu lama aku menggunakannya.

DSC08867

FASILITAS 802.11ac WIFI DAN NEXT GENERATION INTEL PROSESOR MEMBUAT STREAMING MOVIE LANCAR JAYA

 

Bagi kamu yang suka streaming movie kaya aku, ASUS E202 dilengkapi dengan Wifi tiper terbaru. ASUS EeeBook E202 membuat kamu berselancar lebih cepat di dunia maya dengan teknologi Wi-Fi terbaru 802.11ac yang memiliki kecepatan hampir tiga kali lipat dari 802.11n, sangat cocok saaat kamu browsing, download, serta streaming video. Apalagi ASUS EeeBook E202 disenjatai dengan Intel® processor terbaik dengan memberikan kapasitas performa dalam berkomputasi khususnya pada saat berselancar di web, menonton video, proses pengetikan, dan multitasking sehari-hari.

E202_Lightening Blue_ (14)

SPLENDID TEKNOLOGI MANJAKAN MATAMU DENGAN WARNA VIVID COLOR YANG DISESUAIKAN DENGAN DISPLAY SETTING

Teknologi ASUS Splendid dengan system vivid, akurasi warna secara otomatis disesuaikan dengan display setting optimal untuk semua gambar yang ada. Hasil yang lebih kaya, warna yang lebih dalam, dan tampilan yang luar biasa baik pada saat kamu menikmati video dan film, ataupun pada saat kamu melihat-lihat foto yang Anda miliki. Makin seru pastinya nonton movie bersama teman satu kosan dengan E202.

vivid

NUGAS SAMBIL NDENGERIN MUSIK MAKIN NIKMAT KARENA E202 PUNYA SONICMASTER TEKNOLOGI 

E202 dilengkapi dengan  2 kualitas audio yang terbaik, speaker yang menghadap depan dapat langsung kamu nikmati baik untuk video dan musik setiap hari.

AUDIO

kenikmatan mendengakan musik saat nugaspun akan sangat terasa pasti karena sonicmaster yang dimiliki oleh asus.

sonicmaster

Dengan teknologi ASUS Sonicmaster– yang dikolaborasikan dengan ASUS Golden Ear team menciptakan sebuah teknik engineering yang presisi dengan software yang difungsikan untuk mengantar suara yang berbeda dari kebanyakan laptop yang ada pada saat ini, dengan suara yang lebih dalam dan bersih, walau di volume suara yang tinggi.

TERAKHIR ADALAH KAPASITAS CLOUD STORAGE YANG SIAP MENAMPUNG SEMUA FILE – FILE PENTING KITA 

ASUS cloud service mendukung secara menyeluruh untuk kehidupan online saat ini, data dapat diakses di manapun dan kapanpun. ASUS WebStorage sangat nyaman untuk mendukung prioritas utama kegiatanmu, dengan penawaran khusus yang membuat kamu  dapat mensikronisasi semua data baik presentasi bisnis sampai album foto dan konten multimedia. Setiap EeeBook datang dengan 16GB Webstorage secara gratis untuk satu tahun.

STORAGE

Mantap pisan euy seluruh spesifikasi berkualitas yang dimiliki ASUS E202 harganya tidak sampai lima juta lho. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga 3 juta lebih sedikit. Asik – asik tabunganku sudah cukup. Semoga saja bisa memiliki ASUS EeBook 202 ini supaya aku semakin semangat menyelesaikan hal yang harus aku selesaikan, semakin lancar dalam menelurkan karya – karya baru dan semakin bertekad untuk menggapai impian yang belum terwujud amiiiin.

Kenapa sih kok pilih ASUS E202 Ini?

Wah sebagai brand no. 1 yang mengeluarkan produk laptop maupun notebook kualitas produk keluaran ASUS sudah tidak perlu dipertanyakan lagi karena ASUS sudah melakukan banyak sekali pengujian untuk menciptakan produk yang berkualitas tinggi termasuk E202. Enggak main – main tes yang dilakukan pun sangat ekstrim lho. Apa saja sih tesnya?

tes 10

 

ASUS EeeBook 202 Membuatku semakin produktif dan kreatif?

Jelas banget dong, dengan segala spesifikasi yang berkualitas itu aku akan lebih cepat menyelesaikan berbagai tugas kuliah, organisasi maupun tugas pribadi seperti belajar bahasa asing, blogging dan desain karena E202 ini dirancang untuk memenuhi kebutuhanku untuk multitasking.

Kalau lebih kreatif pastinya juga dong karena aku bisa lebih sering membuat konten blog yang kreatif, belajar desain supaya skill ku meningkat serta aku lebih kreatif lagi menggunakan berbagai bahasa asing karena dengan E202 aku semakin giat belajar bahasa asing dengan cara nonton film.

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com